Baku Mutu A.A. Catering

Menyandang reputasi besar sebagai penyedia jasa konsumsi terkemuka, A.A CATERING sedari awal dirancang dalam konsep profesional-menyeluruh. Seolah tak ada bagian yang dibiarkan menganga. Kesalahan sekecil apa pun dievaluasi secara terus-menerus.

Para pengelolanya amat meyakini bahwa bisnis makanan bukan hanya soal cita rasa masakan yang disajikan namun juga soal kebersihan –dan tentu saja pelayanan.
A.A CATERING menerapkan standarisasi kualitas mulai dari bahan makanan yang akan diolah. Para suplier harus mengikuti sejumlah persyaratan yang disepakati. Bahan makanan yang dipasok harus benar-benar bersih, segar sesuai dengan spesifikasi bahan baku dan diantar sesuai tenggat waktu yang telah ditetapkan.
Sebelum diolah, A.A CATERING sudah menyiapkan tim tersendiri yang akan memeriksa bahan baku makanan itu secara Menyandang reputasi besar sebagai penyedia jasa konsumsi terkemuka, A.A CATERING sedari awal dirancang dalam konsep profesional-menyeluruh. Seolah tak ada bagian yang dibiarkan menganga. Kesalahan sekecil apa pun dievaluasi secara terus-menerus.teliti. Selain kesegaran, higienitas bahan baku –sekali lagi, diperiksa dengan teliti.
Mereka juga memiliki standar dalam proses pengolahan bahan baku menjadi menu siap saji. Bahan-bahan kimia yang membahayakan kesehatan tidak boleh dipakai. Suhu saat makanan dimasak sampai siap saji dijaga agar kualitas dan kandungan gizi– tidak rusak.
“Jaminan kebersihan dari makanan yang diproduksi adalah bagian penting yang selalu harus diawasi secara teliti. Kami memiliki prinsip bahwa makanan yang diolah haruslah yang terbaik. Cara pengolahannya juga yang terbaik. Bagian produksi sejak awal dikawal ketat tim pengawas. Karenanya di bagian dapur saja kita memiliki dua tim. Tim pertama mengawasi bahan baku yang masuk ke dapur. Mereka menyortir ulang seluruh bahan baku sebelum masuk ke tahap pengolahan yang dilakukan oleh tim lain. “Ujar Menejer Produksi A.A CATERING, Nelwiza Shaltin.
Seluruh proses produksi tersebut, menurutnya dilakukan dengan memper-hatikan kebersihan tempat pengolahan, alat-alat yang digunakan –termasuk menerapkan standar kebersihan menurut GMP (Good Manufacturing Practices) yang tentunya juga harus telah dipenuhi sedari awal.
“Jadi selain bahan baku makanan, kita juga menerapkan standar kebersihan selama proses pengolahan sampai ke tahap pengemasan, pengantaran dan di tahap penyajian. Seluruhnya memiliki standar hotel bintang lima.
”Menurutnya, pra produksi memiliki empat tahap penjagaan kebersihan seperti pemilahan bahan baku, persiapan bahan baku untuk pengolahan, ketiga pengecekan penyimpanan bahan baku dan terakhir pengawasan tempat pengolahan.
“Seluruh tahapan harus diawasi dengan ketat sebelum chef mengolahnya menjadi makanan jadi. Selanjutnya makanan diperiksa lagi standar kualitasnya sebelum memasuki proses packing. Semua standar tersebut diawasi petugas pengontrol kualitas produksi. Pengawasan baku mutu tersebut berlanjut sampai di lokasi. Kebijakan tersebut berlaku untuk seluruh produksi. Kita sudah biasa dengan birokrasi tersebut karena tekad yang begitu kuat untuk menjadikan A.A CATERING sebagai yang terbaik.”
A.A CATERING memang tidak main-main dalam menjaga kualitas karena bisnis mereka adalah soal kepercayaan dan citra yang harus selalu terjaga. Profesionalitas itu tergambar dari tindakan cepat seperti proses pengantaran makanan untuk penumpang pesawat.
“Kita butuh waktu hanya sekitar satu jam untuk memasok makanan ke awak pesawat. Suhu makanan harus dijaga antara 45-60 derajat celcius agar cita rasa dan kualitas makanan tetap terjaga. Ketahanan makanan agar tetap panas itu berkisar dua jam. Jika pesawat delay lebih dari dua jam maka makanan akan diturunkan lagi untuk dipanaskan ulang untuk menjaga higienitas dan citarasa.
A.A CATERING mempunyai prinsip bahwa makanan itu tidak hanya enak, tetapi juga harus bersih dan aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu A.A CATERING sudah mulai menerapkan standar ISO 22000 dalam hal Keamanan Pangan (Food Safety). Dengan mengadopsi ISO 22000 ini, A.A CATERING telah mnyediakan tenaga Quality Assurance dan beberapa orang tenaga Quality Control yang berkompeten yang akan memastikan sistim tersebut berjalan dengan baik.
Untuk segmentasi party, khususnya untuk pelanggan yang akan mengadakan acara-acara atau event seperti wedding, syukuran, grand opening maupun acara perusahaan atau instansi-instansi, maka dalam rangka menyambut anniversary / Milad A.A CATERING pada bulan April mendatang dan sekaligus sebagai bentuk apreseasi kepada pelanggan, A.A CATERING menawarkan program-program menarik berupa:1. Diskon tanpa syarat dan ketentuan sebesar 10% dari harga normal.2. Potongan harga hingga 20% dari harga normal dengan syarat dan ketentuan3. Khusus event di bulan Februari 2013 dapatkan potongan harga hingga 30%4. Hadiah-hadiah langsung menarik seperti: voucher tiket pesawat garuda Pekanbaru- Jakarta (PP), computer tablet, voucher hotel / restaurant dan banyak hadiah menarik lainnya. (*)

be2